KONI KOTA YOGYA dan KONI DIY GELAR PERTEMUAN ATURAN MUTASI ATLET  PORA 2022

(Koni Kota), Komite Olahraga NasionalIndonesia (KONI) Kota Yogyakarta dan Koni DIY mengelar pertemuan, membahas aturan mutasi atlet yang menjadi syarat utama  untuk tampil di ajang Pekan Olahara Daerah (PORDA) DIY tahun 2022. Pertemuan dimaksud untuk meminimalisir terjadinya kasus atlet  gagal tampil seperti yang terjadi pada tahun 2019.

Ketua Umum (Ketum) KONI Yogya, Aji Karnanto, SE,MM di KONI  DIY, Sabtu (26/6) usai pertemuan mengatakan pertemuan dengan KONI DIY intinya untuk menindaklanjuti  permasalahan 9 atlet Kota Yogya yang kemarin bermasalah.

Harapannya, KONI Yogya ke depan bisa menyelesaikan permasalahan  mutasi ke 9 atlet tersebut. Sehingga nantinya mereka bisa tampil di Porda DIY XVI yang rencananya digelar tahun 2022."Dari 9 atlet tersebut masalahnya kami sinkronkan dengan KONI DIY agar permasalahan mereka bisa selesai. Kalau yang sudah memenuhi ya  sudah sedangkan yang masih  banyak kendala, mutasinya harus dimulai dari awal kembali,"katanya.

Ketum KONI DIY , Prof DR.. Djoko Pekik Irianto, M.kes AIFO menerangkan  KONI KONI Yogya menggelar audiensi dengan KONI DIY semata-mata ingin memastikan kembali aturan mutasi atlet  sebagai syarat ikut Porda. Salah satu yang ditanyakan KONI Yogya adalah status  9 atlet yang pada Porda DIY lalu bermasalah hingga gagal tampil.

Dijelaskan untuk 9 atlet  yang sempat bermasalah  terkait status mutasinya. sesuai aturan  memang tetap harus melakukan proses perpindahan lewat tahapan yang berlaku ter lebih dahulu. "Memang harus diurus lagi sesuai peraturan yang berlaku agar bisa tanpil di Porda DIY tahun 2022,"jelasnya.

Atas audinsi tersebut, Djoko Pekik meminta bidang organisasi KONI DIY untuk membedah kembali permasalahan  yang dialami ke-9 atlet tersebut dalam proses mutasi. " Mana yang masih  perlu diselesaikan dan dibahas lagi agar mutasnya selesai. Tapi pesan saya, Karena Porda adalah ajang kompetisi hasil pembinaan atlet, masalah mutasi jangan hanya berhenti di 9 atlet  tersebut, tapi semua harus diselesaikan jika ada yang bermasalah," tandasnya.

Wakil Ketua Umum (WKU) 1 KONI DIY, Triyandi Mulkan, SH,MM menambahkan, niat KONI Yogya untuk menyelesaikan persoalan mutasi ke-9 atlet  tersebut sangat bagus karena atlet-atlet tersebut memang menjadi tanggungjawab mereka, 

"Mereka juga menjelaskan tahapan-tahapan yang telah dilalui ke-9 atlet tersebut. Mereka juga meminta KONI DIY untuk ikut memediasi jika nanti ada persoalan terkait mutasi ini dengan  KONI kabupaten lainnya Ya kami siap untuk membantu terangnya.

Dok. Humas dan Media Koni Kota Yogya