PERBAKIN KOTA YOGYA  CARI LOKASI ARENA TEMBAK  DARI PAKUALAMAN

(KONI KOTA), Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (Perbakin) Yogya mulai melakukan upaya pencarian lahan baru yang bisa digunakan untuk mebangun arena tembak bagi atlet-atletnya Upaya ini tak lepas dari lokasi arena tembak lama yang berada di dalam kompleks  Pura Pakualaman sudah tidak bisa digunakan lagi.

Ketua Pengkot Perbakin Yogya, Suryanto di Yogya, Senin (13/7) mengatakan, pihaknya saat ini tengah mencoba melakukan pendekatan  dengan berbagi pihak agar bisa mendapatkan  lahan yang sesuai untuk dijadikan arena tembak di Kota Yogya. " Kamu akan coba melakukan pendekatan kepada Pemkot Yogya agar bisa mendapatkan pinjaman lahan untuk  lokasi latihan atlet,"jelasnya.

Dijelaskan Suryanto, pemindahan arena latihan tembak bagi atlet-atket Kota Yogya ini tak lepas dari  akan dikembalikannya ruangan dan kawasan  di Kompleks Pura Pakualaman seperti di fungsi  awalnya. Dengan kebijakan tersebut. maka arena tembak Pengkot Perbakin Yogya yang berada di dalam Kompleks Pura Pakualaman harus berpindah tempat.

Kami sangat berterima kasih kepada Sri Paduka (Paku Alam) yang selama ini telah memeberikan tempat bagi  atlet-atlet Perbakin Yogya dan DIY untuk bisa berlatih. Kami sudah diberikan lahan pinjaman selama 10 tahun tanpa biaya  di dalam Pura Pakualaman ini, Selain bisa berlatih, diarena menembak ini juga sudah digelar pertandingan Porda DIY sebanyak 5 kali," tuturnya.

 Dengan sudah tidak bisa digunakan lahan di  Pura Pakualaman sebagai tempat latihan dan arena tembak. Suryanto langsung memikirkan alternatif tempat lain  sebagai pengganti. Hal ini ditujukan agar proses pembinaan atlet menembak di DIY bisa terus berjalan  tanpa  terkendala foktor tempat pasalnya atlet-atlet menembak Kota Yogya menurutnya memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Mengenai ukuran latihan yang ideal untuk bisa dijadikan penggganti. Suryanto memang belum bisa mendapatkan lokasinya Hanya saja jika dilihat dari ukuran pihaknya menjelaskan ada dua pilihan jika hanya untuk latihan atlet, besaran  lahannya memang tak harus seluas yang ada di Kompleks  Pura Pakualaman.

Namun jika ingin difungsikan untuk tempat latihan sekaligus bisa digunakan untuk  event Kejuaraan seperti  level Porda DIY, jelas lahan yang dibutuhkan wajib lebih luas.

Perlombaan  nomor air rifle senapan angin panjangnya 10 meter. lebarnya tergantung jumlah lintasan. Untuk kejuaraan minimal 30 lintasan tapi kalau untuk latihan sehari-hari 5 lintasan cukup,"jelasnya.

Dengan upaya mencari lahan pengganti yang telah dimulai saat ini, salah satunya mencoba mendekati Pemkot Yogya. Suryanto berharap, lokasi lahan pengganti yang  bisa digunakan untuk arena tembak Pengkot Perbakin Yogya bisa di dapat pada akhir tahun ini. " Semoga tahun ini sudah dapat penggantinya dan tahun depan sudah bisa  mulai difungsikan untuk latihan menuju Porda DIY,"tandasnya.

Dok. Humas dan Media Koni Kota Yogya.