PENGKOT PRSI YOGYA DIKUKUHKAN

(Koni Kota). Kembalikan prestasi Juara Umum Pprda DIY 2022 cabang Olahraga (cabor)  pada ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY menjadi target utama  kepengurusan Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Yogya perioda 2020-2024. kegagalan merebut Juara Umum pada Porda XV DIY 2019 lalu menjadi peringatan bagi PRSI Yogya untuk bisa lebih maksimal melakukan pembinaan ke depannya.

Ketua  Umum (Ketum) PRSI Yogya, Rokhiman,SH  usai pelantikan kepengurusan PRSI Yogya di Balai Kota  Yogya Sabtu 31/10 mengatakan pd kepengurusannya kali ini target utama yang ingin dicapai adalah mengembalikan gelar juara umum Porda DIY Pada porda lalu, kami hanya bisa meraih 12 medali emas  dan pada Porda mendatang kami ingin kembali menjadi juara umum , Jelasnya.

Jumlah tersebit terang Rokhiman yang menjadi  Ketum. PRSI Yogya Untuk periode kedua   ini hanya berkisar di angka 30 persen dari total medali yang direbutkan pada Porda lalu . Pasalnya dari dua subcabor di bawah  PRSI yakni renang lintasan dan polo air yang ditandingkan di Porda DIY XV 2019 total medali emas yang diperebutkan mencapai  40 keping  yang terdiri dari 38  renang lintasan dan 2  polo air.

Jumlah capaian  12  medali emas tersebut  mengalami penurunan  jika dibandingkan perolehan medali medali  emas pada ajang yang sama di edisi  sebelumnya pada tahun 2017 silam. Dan penurunan jumlah medali ini menjadi perhatian dari organisasi nya. untuk bisa segera ditingkatkan kembali pada Porda mendatang dan bisa sukse kembali menjadi juara unum.

Dukungan untuk kembali menjadi juara umun pada ajang Porda mendatang juga diungkapkan oleh Wakil Walikota Yogya, Heroe Poerwadi. Menurutnya sebagai salah satu cabor yang memperebutkan medali terbanyak pada ajang Porda, PRSI Yogya sangat didorong bisa menjadi juara umum cabor agar mendukung kotingen Kota Yogya menjadi juara umum Porda DIY.

Terpisah Ketum Koni Yogya , Aji Karnanto,SE,MM menambahkan, meski saat ini kondisi memang tidak ideal untuk berlatih maksimal karena  adanya pandemi Covid-19, pihaknya berharap kepada seluruh pengurus dan pelatih  untuk bisa mendorong dan menyemangati atlet-atletnya tetap berlatih mempersiapkan diri menuju Porda DIY.

Sementar itu Ketum Pengda PRSI DIY H. Yoeke Indra Agung  Laksana,SE mendukung upaya PRSI Yogya untuk  kembali meraih prestasi maksimal  Pasalnya, renang adalah olahraga yang sangat penting di ajang olahraga multievent karena memiliki banyak medali yang direbutkan."Di renang ini atlet bisa meraih banyak medali emas. Jadi dengan memaksimalkan pembinaan di renang akan menjadi modal meraih gelar juara umum ajang multievent," tegasnya.

dok. Humas dan Media Koni Kota Yogya