YOGYA MEMBUTUHLAN FASILITAS OLAHRAGA KOLAM RENANG JADI PRIORITAS

(Koni Kota), Kota Yogya membutuhkan fasilitas olahraga yang memadai dan sesuai standart dinilai mulai mendesak keberadaannya di Kota Yogyakarta saat ini, Fasilitas-fasilitas olahraga yang memenuhi standart tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang  proses pembinaan generasi muda, khususnya atlet-atlet muda yang ada di kota ini.

Salah satu pihak yang mendukung pihak yang mendukung perlunya pembamgunan fasilitas-fasilitas olahraga di kota Yogya adalah Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI), Yogya. Melalui Ketua Umumnya Rokhiman,SH, keberadaan fasilitas olahraga yang memenuhi syarat minimal masing-masing cabor sangat diperlukan di Kota Yogya saat ini.

Terlebih keberadaan fasilitas olahraga berupa kolam  renang berstandart nasional yang saat ini belum tersedia di Kota Yogyakarta. Fasilitas olahraga aeperti kolam renang memang sangat diperlukan untuk pengembamgan dan menunjang program-program latihan di klub-klub anggota PRSI Kota Yogya,"terang Rokhiman Dijelaskan Rokhiman untuk kolam renang pihaknya memang berjarap Kota Yogya memiliki fasilitas yang sesuai stamdar yakni lintasan sepanjang  50 meter untuk membina perenang perenang di wilayahnya Hanya saja, pihaknya juga menyadari, untuk mewujudkan keinginan  membangun sebuah kolam renang yang sesuai standart di Kota Yogya, memang cukup aulit.

Hal terswbut dikarenakan lahan di wilayah Kota Yogya yang sangat terbatas.

Saat ini atlet-atlet kami kalau latihan ada yang di UNY, DSC dan AAU yang lokasinya di luar Kota Yogya sedangkan kalau di dalam Kota Yogya, ada benerapa klub yang berlatih di dalam Kota Yogya ada beberapa klub yang berlatih di kolam milik hotel. Mungkin ke depan Pemkot Yogya bisa bekerja sama demgan investor dalam pembangunan kolam renang ini, jadi kalau ada yang mau bangun hotel,  diberikan syarat harus  buat kolam panjangnya 25 atau 50 meter,"jelasnya.

Tentang peluang untuk merenovasi Kolam Renang Umbang Tirto menjadi berstandart nasional dan dapat digunakan latihan perenang-perenang Kota Yogya Rokhiman melihat peluang tersebut samgat kecil.

Sementara itu terkait keinginan dari cabor cabor yang berharap adanya penambahan adanya penambahan fasilitas olahraga di wilayahnya Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi menjelaskan pihaknya saat ini tengah berencana mengembangkan fasilitas olahraga. Hal itu dikarenakan, dirinya melihat banyak anggaran cabor cabor selama ini habis hanya untuk menyewa tempat latihan.

Dok. Humas dan media koni kota Yogya.