RAkER PRSI YOGYA DEMI PRASTASI, MAKSIMALKAN PEMBIBITAN

(Koni Kota), Target mengembalikan gelar juara umum di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY didukung dengan rencara program pembibitkan oleh Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan  Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Yogya dengan pembibitan yang berkelanjutan prestasi diyakini dapat dicapai.

Ketua Umum (Ketum) Pengkot PRSI Yogya, Rokhiman, SH Kamis (5/11) menjelaskan, dari  hasil rapat kerja (Raker) yang digelar Pengkot PRSI Yogya, untuk program pembinaan dan pembibitan sudah disiapkan sejumlah program. Ada dua program utama melakukan pembibitan secara berkelanjutkan.

Pertama dengan menggiatkan kegiatan olahraga air atau akuatik dengan melakukan kerja sama dengan sekolah-sekolah di Kota Yogya. "Program kerja sama dengan sekolah-sekolah ini intinya dikhususkan bagi sekolah tingkat dasar dan menengah pertama. Pasalnya di usia tersebut potensi atlet dapat mulai dibentul dan dimaksimalkan, "jelasnya.

Program kedua yang juga akan dimaksimalkan adalah pembinaan melalui klub

 Saat ini di Yogya ada 8 klub yang aktif, di antaranya Sparta, Penguin Star Yogya, Yuso  Artistik SC, Elsa Manora SC, Wolf ST, Tirta Amanda Yogya, Tirta Taruna.

Ke depan pihaknya juga berharap jumlah klub renang di Kota Yogya bisa bertambah hingga 12 klub. "Pembinaan di level klub akan kami lakukan dengan memantau perkembangan atlet dan memberikan dukungan untuk peningkatan kapasitas klub. Untuk program pendekatan ke sekolah dan pembinaan klub ini, PRSI Yogya akan berkoordinasi dengan dinas terkait, agar selalu terjadi sinergitas dan sinkronisasi dengan kebijakan Pemkot," ujarnya.

Guna mendukung proses pembinaan lewat sekolah dan klub, PRSI Yogya berharap Pemkot bisa bersenergi dengan institusi swasta khususnya hotel untuk dapat membangun sarana kolam yang ukuran standart minimal panjang 25 meter. Tentunya setelah ada kami harap fasilitas itu bisa  diakses oleh PRSI Yogya untuk berlatih. Kami juga berharap fasilotas tersebut dilengkapin kelengkapan renang lintasan dan polo air berupa tali pembatas renang lintasan, gawamg untuk polo aor,"imbuhnya.

Dok. Humas dan media Koni Kota Yogya.