BONUS POPDA KOTA YOGYA, TUNGGU VERIFIKASI dan TANGGAL PENYERAHAN

(Koni Kota), Rencana Pemeritahan Kota (Pemkot), Yogya memberi bonus  bagi atlet dan pelatih berprastasi pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), DIY 2020 lalu, sudah mendekati realisasi. Proses  verifikasi administrasi dan kepastian tanggal penyerahan menjadi tahapan terakhir yang harus disiapkan sebelum penyerahaan.

Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Kota Yogya, RM Drs. Budi Santoso, Kamis (5/11) menjelaskan setelah menjalani tahapan penganggaran dan pendataan awal, saat ini rencana penyerahan bonus peraih prestasi di Popda DIY tinggal tahap akhir saja, kita juga sudah minta pengajuan uang ke BPKAD untuk pencairan,"jelasnya.

Hanya saja, untuk tahapan penyerahan bonus, Budi mengaku masih memerlukan verifikasi lanjutan terkait data atlet dan pelatih agar tidak ada kesalahan. Selain melakukan verifikasi dan pencocokan data internal proses ini juga akan melibatkan Balai Pemuda dan Olahraga (BPO), Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY selaku penyelenggara.

Pasalnya dari data atlet dan pelatih yang saat ini instansinya, ternyata masih ada yang berbeda dengan data dari BPO. "Nanti sampai benar-benar semua fix dan sama dengan dari BPO kami baru akan lanjutkan prosesnya. Saat ini masih ada yang namanya berbeda dengan rekening yang telah diserahkan ke kami. Jadi tetap kita verifikasi sampai semuanya cocok dulu, biar tidak ada masalah di kemudian hari,"imbuhnya.

Dijelaskan Budi untuk Popda tahun ini Pemkot Yogya telah menyiapkan anggaran bagi pemberian bonus prestasi atlet dan pelatih yang berprestasi di Popda DIY dengan total anggaran mencapao Rp. 356.775.000. Jumlah tersebut terbagi atas Rp. 307.275.000, untuk bonus atlet dan Rp 49.500.000. Untuk bonus bagi pelatih.

Dari total anggaran bonus prestasi Popda tersebut, Budi menjelaskan atlet, dan pelatih akan raihan prestasi dan kriteria yang telah ditetapkan Dicontohkannya untuk nomor perorangan atlet peraih medali emas akan mendapatkan bonus sebesar Rp. 2 juta, peraih perak mendapatkan Rp. 1,5 juta dan peraih perunggu berhak atas Rp. 1 juta.

Jika seluruh proses verifikasi administrasi dan data atlet serta pelatih selesai, pihaknya akan mengajukan rencana kegiatan penyerahan kepada Walikota Yogya, Haryadi Suyuti. Hal tersebut ditujukan agar, penyerahan bonus bagi atlet pelajar berprestasi ini dapat diserahkan langsung oleh kepala Daerah.

Setelah sua verifikasi data administrasi dan kepastian tanggal penyerahan dari Pak Wali," tandasnya.

Dok. Humas dan media Koni Kota Yogya.