KONI Yogyakarta Sambung Rasa di Kemantren Jetis

JETIS (KONI YOGYA) – Demi terus meningkatkan kerjasama antarinstansi guna mendukung pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga di wilayahnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta menggelar kegiatan silaturahmi dengan Pemerintah Kemantren. Diawali di Kemantren Jetis, program kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan secara ‘maraton’ di 14 Kemantren se-Kota Yogyakarta.

 

Dalam silaturahmi perdana di Kemantren Jetis, Kamis (27/5/2021), rombongan KONI Yogyakarta dipimpin langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Aji Karnanto SE MM didampingi Sekretaris Umum (Sekum) Iriantoko Cahyo Dumadi BSc, Wakil Sekretaris, Ir Masda Siwi Haryanto, Ketua Bidang (Kabid) Organisasi,  M Syalthut Aridloi SE, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Iriawan Argo Widodo SIP, Anggota Bidang Organisasi, H RB Handaru Budi SE, dan Anggota Bidang Media dan Humas, RM Darundiyo SE.

 

Diterima langsung oleh Mantri Pamong Praja Jetis, Drs Sumargandi MSi, Aji Karnanto menjelaskan, kegiatan yang digelar ini ditujukan untuk mendukung upaya peningkatan pembinaan olahraga di Kota Yogyakarta. Terlebih mulai tahun ini, KONI Kota Yogyakarta memasang target maksimal menghadapi ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY.

 

Beberapa hal yang menurut Aji dapat dikerjasamakan dengan Kemantren Jetis dalam pembinaan olahraga diantaranya pemanfaatan fasilitas olahraga yang ada diwilayahnya untuk kegiatan latihan atlet. “Karena keterbatasan tempat latihan di Kota Yogyakarta, maka perlu pendataan ruang latihan yang masih ada di seluruh wilayah Yogya, termasuk di 14 Kemantren. Harapannya atlet bisa maksimal dalam menjalani latihan demi mengejar target juara umum Porda DIY besok,” tegasnya.

 

Lebih lanjut Sekum KONI Yogyakarta, Iriantoko Cahyo Dumadi BSc menambahkan, silaturahmi ini kedepan dapat meningkatkan kolaborasi positif antara KONI, Kemantren, dan Kooordinator Olahraga Kemantren (Korman) untuk memajukan olahraga di Kota Yogyakarta. “Lewat kerjasama yang baik ini, kedepan bisa meningkatkan animo masyarakat di wilayahnya pada olahraga. Kedepan kami berharap Korman atau dulu Korcam ini supaya olahraga diwilayahnya semakin greget,” ujarnya.

 

Terkait dukungan bagi pelaksanaan program KONI Yogyakarta, Iriantoko juga berharap Kemantren Jetis dapat mendukung upaya pengisian database olahraga yang didalamnya juga termasuk fasilitas olahraga yang ada di wilayah Kota Yogyakarta. “Database olahraga dari KONI Yogyakarta ini nantinya mencakup atlet, pelatih, klub, hingga fasilitas olahraganya. Nah, untuk data fasilitas ini kami berharap adanya bantuan dari Kemantren Jetis untuk turut memberikan data-datanya,” ujarnya.

 

Menanggapi kunjungan silaturahmi KONI Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Jetis, Drs Sumargandi Msi menjelaskan, pihaknya siap untuk mendukung sinergitas dengan program-program dari KONI Kota Yogyakarta. Selama ini bersama Korman, Kemantren Jetis telah memiliki sejumlah kegiatan olahraga yang ditujukan untuk memasyarakatkan olahraga di seluruh tingkatan masyarakat.

 

Terkait pendataan fasilitas olahraga di wilayahnya, Sumargandi juga menyatakan kesiapannya dan bahkan sudah bekerjasama dengan Korman untuk memberikan data-data mengenai fasilitas-fasilitas olahraga di wilayahnya. “Di Jetis ada balai RW yang digunakan untuk klub bulutangkis, ada juga yang digunakan untuk pencak silat. Selain itu ada juga lapangan sepakbola Jetis dan di Kopertis. Untuk ajang-ajang kejuaraan olahraga, kami kedepan akan siapkan lagi bersama Korman,” tuturnya.

 

Sementara itu Ketua Koordinator Olahraga Kemantren (Korman) Jetis, Ir Nugroho Swasto Purnomo menjelaskan, potensi atlet di Kemantren Jetis terhitung cukup besar. Bahkan seharusnya di Porda DIY tahun 2019 silam, ada 2 atlet judo asal Kemangtren Jetis yang dapat ambil bagian. Sayangnya kedua atlet tersebut terganjal aturan mutasi dan dinyatakan tidak dapat tampil. “Banyak atlet di Jetis ini. Kemarin saja harusnya ada 2 atlet judo yang bisa main di Porda tapi diganjal karena keduanya ini potensial mendapatkan medali emas. Semoga di Porda mendatang keduanya bisa tampil dan menyumbangkan medali emas bagi Kota Yogyakarta,” tandasnya.

 

Dokumentasi Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta