Siapkan Puslatkot, KONI Kota Yogyakarta Undang Cabor

UMBULHARJO (KONI YOGYA) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta menggelar pertemuan dengan Pengurus Kota (Pengkot) Cabang Olahraga (Cabor) di Aula, KONI Kota Yogyakarta, Jumat (28/5/2021). Pertemuan tersebut ditujukan untuk persiapan akhir menuju dimulainya program Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot).

Demi menjaga penerapan protokol kesehatan, KONI Kota Yogyakarta menggelar pertemuan dengan Pengkot Cabor ini dalam tiga tahapan atau tiga hari yang berbeda. Pada pelaksanaan pertemuan pertama, pada hari Jumat, tercatat ada 15 Pengkot Cabor yang diundang. Untuk pelaksanaan pertemuan kedua akan berlangsung Senin (31/5/2021) juga dengan jumlah 15 Pengkot Cabor.

Sedangkan untuk pertemuan ketiga atau terakhir rencananya akan berlangsung pada Rabu (2/6/2021) dengan 18 Pengkot Cabor. “Untuk persiapan tampil di Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY tahun 2022 mendatang, di tahun ini kami mempersiapkan pelaksanaan Puslatkot dan pertemuan ini adalah langkah awal pelaksanaannya,” terang Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM kepada peserta.

Pada pertemuan pertama, ke-15 Pengkot Cabor yang diundang meliputi, aeromodeling, anggar, atletik, balap sepeda, biliar, bola basket, bola voli, bridge, bulutangkis, catur, dansa, dayung, drumband, gateball dan golf. Untuk pertemuan kedua Pengkot Cabor yang diundang meliputi, tenis lapangan, hoki, tenis meja, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepakbola, sepak takraw, tarung derajat dan taekwondo.

Sedangkan di pertemuan ketiga, Pengkot Cabor yang akan diundang yakni, sepatu roda, gulat, judo, tinju, woodball, yongmodo, angkat besi, angkat berat, binaraga dan fitnes, berkuda, korfball, rugbi, baseball, soft tenis, hapkido, petanque, sambo dan kick boxing.  “Tujuan utama dalam program Puslatkot ini adalah mempersiapkan atlet-atlet Kota Yogyakarta untuk bisa tampil maksimal di Porda mendatang,” terang Aji.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Bidang (Kabid) Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Kota Yogyakarta, Cukup Pahalawidi SPd MOr menerangkan, beberapa tahapan menuju Puslatkab. Tahapan tersebut dijelaskan dalam kegiatan ini agar seluruh Pegkot Cabor memiliki satu pemahaman dalam mempersiapkan atlet-atlet yang akan diajukan dalam program Puslatkot.

Dengan rencana pelaksanaan Puslatkot mulai di bulan Juli mendatang, saat ini Cukup meminta kepada seluruh Pengkot Cabor untuk menyiapkan calon-calon atletnya yang akan dimasukkan dalam Puslatkot. “Untuk memasukkan nama-nama atlet tersebut, KONI Kota Yogyakarta langsung mulai menggunakan aplikasi database yang nantinya akan menjadi pusat data olahraga di Kota Yogyakarta,” bebernya.

Dengan diberikannya penjelasan mengenai tahapan untuk memulai pelaksanaan Puslatkot tersebut, diharapkan dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan secara optimal dengan menghasilkan prestasi maksimal di Porda DIY mendatang. “Dengan dimulainya tahapan Puslatkot ini, nantinya database olahraga Kota Yogyakarta mulai bisa masuk dan persiapan atlet juga dimulai,” tandasnya.

 

Dokumentasi Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakart