PBSI Yogyakarta Bidik 3-4 Emas Porda DIY

MATRIJERON (KONI YOGYA) –Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Yogyakarta periode 2021-2025 langsung membidik target 3-4 medali emas pada ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022 mendatang. Hal tersebut diungkapkan sang Ketua Umum (Ketum), Drs Agus Winarto MIP usai resmi dilantik oleh Pengurus Daerah (Pengda) PBSI DIY di The Alana Malioboro, Sabtu (29/5/2021).

Bidikan 3-4 medali emas di ajang Porda DIY ini diungkapkan Agus Wiranarto setelah mendapatkan target dari Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM. Setelah pada Porda XV DIY 2019 silam bulutangkis Yogyakarta hanya mampu menyumbang 1 medali emas, di Porda mendatang peningkatan prestasi langsung dibebankan oleh KONI Yogyakarta.

“Soal target di ajang Porda DIY, kami menargetkan Kontingen Kota Yogyakarta sedikitnya bisa meraih tiga hingga empat medali emas. Untuk itu dalam waktu dekat kami akan segera berkoordinasi dengan rekan-rekan pengurus terkait Puslatkot Porda. Memang harus kita mulai dari sekarang, untuk mencuri poin lah, harapan kita seperti itu,” tegasnya.

Demi mengejar target raihan medali emas di Porda DIY mendatang sekaligus mengembalikan masa-masa keemasan bulutangkis Kota Yogyakarta di DIY, dirinya memang harus bekerja keras untuk bisa mewujudkannya. Karena memang untuk cabor bulutangkis, guna meraih prestasi, seorang atlet memang harus banyak berlaga di berbagai kejuaraan dan banyak event.

Karena itulah, dirinya mengajak kepada rekan-rekan pengurus yang dilantik ini agar kompak, solid guna menyiapkan sejumlah event dan mengirimkan atlet Kota Yogyakarta. “Karena prestasi ditentukan dengan banyak bertanding, latih tanding baik internal dan luar DIY, karena para atlet di klub-klub saya akui bagaimana mereka mendidik dan melatihnya sudah luar biasa,” tegasnya.

Sebelumnya Ketua KONI Kota Yogyakarta Aji Karnanto SE MM dalam sambutannya berharap agar bersama kepengurusan yang baru, PBSI Kota Yogyakarta bisa lebih maju dan meraih prestasi tertinggi. Hal tersebut sesuai dengan tema yang diusung dalam pelantikan, yakni ‘Pengkot Tangguh, Raih Puncak Prestasi’.

Salah satu prestasi yang diharapkan bisa diraih PBSI Kota Yogya oleh KONI yakni peningkatan raihan medali emas di ajang Porda XVI DIY 2022 mendatang. “Saya mewakili KONI Kota Yogya, mengharapkan PBSI Yogya lebih maju dan lebih berprestasi lagi. Hal itu sesuai dengan tema yang diusung PBSI Yogya dalam pelantikan kali ini. Tema ini sesuatu niatan yang baik, apalagi harapan itu bisa menjadi juara. Syukur-syukur bisa menjadi juara umum,” ujar Aji.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Yogyakarta, Drs Heroe Poerwadi MA meminta pengurus baru Pengkot PBSI Kota Yogyakarta untuk tetap semangat dan fokus meraih prestasi. Oleh sebab itu, meski saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, namun kegiatan latihan maupun pertandingan bulutangkis diharapkan tetap bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menurutnya masa pandemi Covid-19 tidak harus menghalangi kegiatan. Caranya harus menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan. “Saya berharap PBSI Kota Yogyakarta tidak terhalang suasana pandemi. Yang penting jalankan protokol kesehatan untuk meraih prestasi. Pasti bulutangkis juga bisa melakukannya,”  ujarnya.

Lebih lanjut Heroe mengatakan, masa pandemi seperti saat ini bisa dikatakan seperti ulat yang sedang memasuki masa kepompong dan pada saatnya berubah menjadi kupu-kupu cantik. “Untuk mencapai itu rumusnya mulailah dari akhir. Akhir itu tujuannya apa. Kalau tujuannya PBSI juara umum di Porda, apa yang harus dilakukan harus disiapkan untuk mencapai tujuan itu,” tegasnya.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut, pengurus Pengkot PBSI Yogyakarta dilantik secara langsung oleh Ketum Pengda PBSI DIY Drs Suhartono MM. Dalam acara pelantikan yang juga dihadiri Kadisdikpora Kota Yogyakarta Budi Asrori SE MSi, Suhartono meminta PBSI Yogyakarta untuk siap untuk kembali menjadi tuan rumah event-event bulutangkis di DIY.

 

Dokumentasi Media Humas KONI Yogyakart