KONI Dukung PASI Yogyakarta Tingkatkan Capaian Medali

MATRIJERON (KONI YOGYA) – Komite Olahraga Nasional indonesia (KONI) mendukung keinginan Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Yogyakarta yang memasang target peningkatan capaian medali emas di Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY. Untuk itu, pengurus dan pelatih diminya untuk menyiapkan atlet-atletnya agar semakin siap mewujudkannya.

Dukungan kepada PASI Kota Yogyakarta untuk bisa menambah capaian medali di Porda DIY tahun depan ini diungkapkan langsung Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM dalam Musyawarah Kota (Muskot) PASI di Hotel Riba Graha, Sabtu (12/6/2021). “Jika Porda lalu mendapat 4 medali emas, kami mendukung keinginan PASI Yogyakarta untuk meningkatkannya,” ujarnya.

Peningkatan raihan medali di Porda DIY mendatang ternyata juga menjadi harapan KONI Kota Yogyakarta kepada Ketum terpilih, Drs Nuri Hartana MS. Dalam Muskot yang digelar dengan memenuhi protokol kesehatan tersebut, empat klub atletik di Kota Yogyakarta, Megasakti, BNHK, Mandala Atletik Club dan MG Atletik Club mendukung Nuri untuk menjadi Ketum baru menggantikan Bambang Dewanjaya.

Lebih lanjut dalam kesempatan tetsebut Aji menambahkan, sebagai salah satu cabor dengan jumlah nomor pertandingan atau memperebutkan medali emas sangat banyak, Pengkot PASI Yogyakarta diharapkan bisa menjadikannya sebagai lumbung emas. Jika sebelumnya berhasil meraih 4 medali emas, kedepan diharapkan mampu menambah capaian medali emas tersebut.

Hanya saja, untuk meraih peningkatan medali emas di Porda DIY mendatang Aji menilai memerlukan perjuangan ekstra, karena persiapan tinggal setahun dan pelaksanaannya di Sleman. “Memang menambah raihan medali emas ini bukanlah hal yang mudah, apalagi besok Porda DIY mainnya di Sleman. Tapi kami tetap berharap PASI bisa mewujudkannya agar ikut mendukung kami bisa jadi juara umum Porda DIY,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Drs Nuri Hartana MS yang terpilih menjadi Ketum Pengkot PASI Yogyakarta periode 2021-2025 memang menjadikan peningkatan raihan medali emas Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY sebagai target utama. “Target kami adalah ingin meningkatkan capaian perolehan medali di ajang Porda DIY tahun depan. Jika pada Porda DIY sebelumnya kami berhasil merebut 4 medali emas, kami ingin meningkatkannya minimal bisa jadi 6 medali emas,” tegas Nuri.

Langkah pertama yang akan dilakukannya guna bisa mewujudkan target peningkatan raihan medali emas di Porda mendatang adalah melakukan konsolidasi dengan seluruh atlet, pelatih dan pengurus Pengkot PASI Yogyakarta dan klub-klub anggota. Dengan konsolidasi tersebut diharapkan kinerja organisasi Pengkot PASI Yogyakarta bisa semakin baik dalam membina atlet-atletnya.

Konsolidasi dengan semua pelatih, atlet dan pengurus ini menurut Nuri nantinya juga akan menjadi sarana awal untuk menyiapkan personel yang akan diajukan ke KONI Kota Yogyakarta guna ikut program Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot) menuju Porda DIY. “Kami akan segera siapkan atlet-atlet kami untuk ikut di Puslatkot agar kami bisa berlatih secara maksimal,” tandasnya.

Sementara itu perwakilan Pengda PASI DIY, Triyana SPd MPd mengatakan, raihan 4 medali emas di Porda DIY 2019 dinilai masih jauh dari iedeal bagi kontingen sekelas Kota Yogyakarta. “Di Porda itu memperebutkan sekitar 38 medali emas, jadi kalau baru 4 emas, jelas masih cukup kecil. Baru sekitar 12-15 persennya saja. Idealnya Kota Yogyakarta itu bisa meraih 8-10 medali emas,” tandasnya.

Dok. Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta