KONI Kota Yogyakarta Dukung SIWO PWI ke Porwanas

UMBULHARJO (KONI YOGYA) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta mendukung target Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY dan Kota Yogyakarta untuk berprestasi di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII. Hal ini disampaikan saat pengurus organisasi ini menggelar silaturahmi di Aula KONI Kota Yogyakarta, Selasa (15/6/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM didampingi Sekum Iriantoko Cahyo Dumadi BSc, Wakil Sekretaris Ir Masda Siwi Haryanto, Anggota Bidang Organisasi RB H Handaru Budi SE MM dan Anggota Bidang Media dan Humas RM Darundiyo SE. “Secara prinsip, kami sangat mendukung keinginan dari SIWO PWI DIY dan Kota Yogya untuk meraih prestasi di Porwanas mendatang,” ujarnya.

Sebagai induk organisasi olahraga prestasi di Kota Yogyakarta yang salah satu anggotanya adalah SIWO PWI Kota Yogyakarta, dukungan tersebut menurut Aji diwujudkan bisa dalam berbagai hal, mulai dari dukungan terkait bantuan dalam proses latihan hingga dukungan terhadap pendanaan. Hal tersebut tak lepas dari keberadaan atlet-atlet atau wartawan personel kontingen DIY yang merupakan anggota dari SIWO PWI Kota Yogyakarta.

Keikutsertaan atlet-atlet wartawan Kota Yogyakarta di Porwanas bersama kontingen DIY sangat membanggakan dan diharapkan dapat turut memberikan prestasi bagi kontingen DIY secara keseluruhan. “Kami sangat mendukung sepenuhnya. Baik terkait pembiayaan dan bantuan pelatihan, kami siap untuk memberikan bantuan dan pendampingan agar atlet wartawan DIY bisa berprestasi,” tandasnya.

Terpisah, Ketua SIWO PWI Kota Yogyakarta, Budi Arjoto mengatakan, silaturahmi ini ditujukan untuk memaparkan rencana keikutsartaan SIWO PWI DIY dimana sebagian anggota kontingennya berasal dari SIWO PWI Kota Yogyakarta akan ambil bagian di Porwanas. “Dalam kesempatan ini kami sampaikan gambaran terkait adanya wakil dari SIWO PWI Kota Yogyakarta untuk bergabung dengan kontingen DIY di ajang Porwanas mendatang,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua SIWO PWI DIY, Drs Widyo Suprayogi menambahkan, untuk pelaksanaan Porwanas XIII sebenarnya akan dilaksanakan di Papua pada tahun 2020 lalu. Namun karena tuan rumah tidak siap, maka SIWO PWI Pusat menggelar Rakernaslub di Lampung dan memutuskan memindah tuan rumah Porwanas ke Malang Raya, Jawa Timur pada tahun 2021 ini.

Hanya saja, karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum reda, pelaksanaan Porwanas kembali ditunda dan akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022 mendatang. “Karena pandemi, kemarin Jatim sebagai tuan rumah menyatakan ketidak siapannya untuk menyelenggarakan ajang tersebut dan akhirnya ditunda jadi Juni 2022. Meski ditunda, namun kontingen DIY tetap melakukan persiapan,” ujarnya.

Di Porwanas mendatang, Widyo mengaku, target yang dicanangkan SIWO PWI DIY adalah memperbaiki raihan medali di ajang yang sama di Jawa Barat tahun 2016 silam. Jika di tahun tersebut kontingen berhasil meraih 1 emas, 2 perak dan 3 perunggu, target di Porwanas mendatang minimalo mendapat 2 emas dari atletik dan sepakbola. “Target bisa dapat 2 emas atau minimal mempertahankan posisi 8 besar nasional,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PWI DIY, Drs H Hudono SH menambahkan, kegiatan silaturahmi ataupun audiensi dengan KONI Kota Yogyakarta ini memang diharapkan bisa terus dilakukan untuk menjaga komunikasi antar kedua organisasi. “SIWO ini memang menjadi bagian dari KONI dan PWI, jadi sinergitas antara keduanya perlu terus dilakukan dan ditingkatkan,” tuturnya.


Dokumentasi Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta