Voli Pasir Yogyakarta Tunjukkan Dominasi di Kejurda Remaja

UMBULHARJO (KONI YOGYA) – Atlet-atlet Kota Yogyakarta sukses menunjukkan dominasinya setelah sukses menyandingkan gelar juara untuk kategori putra dan putri di ajang Kejuaraan Daerah (Kejurda) Antarklub Bola Voli Pasir Remaja DIY 2021. Tak hanya merebut 2 gelar juara, wakil Kota Yogyakarta juga berhasil merebut 1 posisi runner up dan 2 peringkat ketiga di ajang tersebut.

Gelar juara yang berhasil direbut atlet-atlet Kota Yogyakarta di ajang Kejurda Remaja tersebut dipersembahkan oleh pasangan, Imam Ahmad Faizal dan Fauza Zuflih dari klub Ganevo kelompok putra, sedangkan di kelompok putri gelar juara direbut pasangan Wikaningtyas Larasati dan Alika Dewi Hapsari juga dari Klub Ganevo. 

Sedangkan untuk satu peringkat kedua yang didapat atlet Kota Yogyakarta di ajang tersebut dipersembahkan oleh pasangan Adistya Kumala Khansa/Dya Hawa Nur Fitria dari klub Ganevo di kelompok putri. Kemudian untuk posisi ketiga di ajang tersebut dipersembahkan oleh pasangan Faisal Ashar Arafi/Raihan Rizaldy (putra) dan Beatrix Imelda Hanun/Nafila Arindi (putri).

Pada Kejurda yang berlangsung di GOR Voli Pasir Kompleks Stadion Mandala Krida, Minggu (18/6/2021) tersebut, di kelompok putra, pasangan Imam Ahmad Faizal/Fauza Zuflih meraih kemenangan atas pasangan wakil klub Perpagi, Triyan Afandi/M Azidan Pamungkas dengan skor 2-0 (23-21, 21-15). 

Sedangkan di kelompok putri, pasangan Wikaningtyas Larasati/Alika Dewi Hapsari menang atas sesama wakil Ganevo, Adistya Kumala Khansa/Dya Hawa Nur Fitria dengan skor 2-0 (22-20, 21-14). “Hasil ini jelas sangat membanggakan bagi Kota Yogyakarta,” ujar Ketua Harian Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Yogyakarta, Danang Agus Yuniarto MOr.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang (Kabid) Voli Pasir di Pengda PBVSI DIY ini menerangkan, kedepan atlet-atlet yang turun di ajang Kejurda Remaja ini akan dimasukkan dalam program-program pembinaan olahraga bagi remaja dan pelajar. Mulai dari program Pembinaan Atlet Berbakat (PAB) dan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP).

Sesuai rencana yang telah disiapkannya, atlet-atlet tersebut nantinya akan diproyeksikan untuk meraih perstasi puncak pada 4-8 tahun mendatang. “Jadi, kedepan kami akan ikutkan mereka ini dalam program jangka panjanng seperti long term athlete development yang banyak diterapkan di berbagai daerah atau bahkan negara luar,” jelasnya.

Mengacu pada rencana persiapan bagi atlet-atlet tersebut yang akan diturunkan pada 4-8 tahun mendatang, Danang mengatakan, mereka nantinya akan menjadi andalan DIY saat pelaksanaan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024 mendatang. “Karena ini program jangka panjang, mereka nanti akan kami siapkan untuk PON 2024 dan 2028,” tegasnya.

Foto : Dokumentasi PBVSI DIY
Teks : Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta