105 Pemanah Ikuti Seleksi Program Puslatkot

JETIS (KONI YOGYA) - Sebanyak 105 pemanah ambil bagian dalam ajang Kejuaraan Panahan Antarpelajar dan Umum yang berlangsung di Lapangan Kopertis, Sabtu dan Minggu (26-27/6/2021). Kejuaraan yang dikhususnya bagi atlet-atlet Kota Yogyakarta ini dijadikan sebagai ajang seleksi pembentukan tim Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot) menuju Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY.

Ketua Umum (Ketum) Pengkot Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Yogyakarta, Drs Kadri Renggono MSi mengatakan, kejuaraan ini digelar sebagai sarana kompetisi dan seleksi atlet-atlet panahan Kota Yogyakarta untuk masuk program Puslatkot yang digelar KONI Kota Yogyakarta. Dengan digelarnya kejuaraan untuk ajang seleksi, diharapkan atlet-atlet yang didapat adalah yang terbaik.

Harapannya, dengan atlet-atlet terbaik masuk di program Puslatkot akan menghasilkan prestasi terbaik pula saat tampil di ajang Porda DIY tahun depan. Dengan raihan hasil terbaik di cabang olahraga panahan, diharapkan dapat mendukung keinginan KONI Kota Yogyakarta yang memasang target juara umum di Porda DIY.

“Kami seleksi atlet-atlet benar-benar berdasar pada prestasi mereka. Untuk itu kami lakukan seleksi melalui ajang ini. Harapannya, dengan seleksi ini, atlet yang didapat dan akan masuk di Puslatkot nanti benar-benar yang terbaik,” ujarnya.

Selain dijadikan ajang untuk melakukan seleksi  bagi atlet-atlet yang nantinya akan diproyeksikan masuk di program Puslatkot, di ajang ini juga dijadikan sarana untuk pembinaan atlet-atlet muda Kota Yogyakarta. “Kejuaraan ini kami lombakan untuk kelompok pelajar sejak usia terkecil hingga besar. Jadi ini jadi ajang kompetisi bagi mereka setelah mereka berlatih selama ini,” tuturnya.

Dalam pelaksanaan kejuaraan kemarin, Pengkot Perpani Kota Yogyakarta menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Karenanya, peserta kejuaraan juga dibatasi yakni hanya 105 peserta dan pelaksanaannya dibagi dalam dua hari. Dari total peserta tersebut, untuk hari Sabtu hanya diikuti 55 peserta dan sisanya berloma di hari Minggu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketum KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM yang turut hadir secara langsung, menyambut baik pelaksanaan kejuaraan tersebut. Menurutnya, kejuaraan yang ditujukan untuk pemanah tingkat pelajar dan umum ini menurutnya sangat bagus untuk dijadikan sarana kompetisi hasil latihan yang selama ini telah dijalankan semua atlet.

“Tadi saya melihat ada atlet-atlet yang masih kecil-kecil ikut di kejuaraan ini dan mereka mampu masuk final. Jadi ini membuktikan pembinaan itu memang harus dilakukan sejak usia muda. Dari usia muda inilah, nanti mereka bisa semakin siap untuk berkompetisi di level lebih tinggi. Mereka ini adalah bibit-bibit atlet kita,” tegasnya.

 

Untuk juara-juara pada kejuaraan tersebut meliputi,

Divisi Standard Bow :

10 m : Shyakila Artha Karina Putri (putri), Rahajenya (putra)

20 m : Liftya (putri), Fahri Amayar Nasrulhaq (putra)

30 m : Annisa Bening Hayati (putri), Berlian (putra)

40 m : Munaa (putri), Berlian (putra)

Divisi Compound :

30 m : Rasendriya

50 m : Rasendriya

Divisi Barebow :

50 m : Apriliano Rizky Dharmawan

Divisi Recurve :

70 m : Khumaida (putri), Raihan (putra)

Divisi Tradisional :

Eni Widiastuti (putri), Nedi (putra)

 

Dokumentasi Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta