Percasi Yogyakarta Seleksi Atlet Lewat Kejurkot

UMBULHARJO (KONI YOGYA) – Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Yogyakarta menggelar seleksi untuk pembentukan tim yang akan diturunkan di ajang Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur DIY. Seleksi yang dilaksanakan melalui Kejuaraan Kota (Kejurkot) yang berlangsung di Kantor KONI Kota Yogyakarta, Minggu (27/6/2021) tersebut diikuti 50 atlet.

Ke-50 atlet yang ambil bagian di ajang tersebut bertanding untuk dua kategori berbeda, yakni senior dan junior. Mengingat kondisi saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, peserta di ajang ini dibatasi demi mengurangi kerumunan dimana pada kategori senior hanya diikuti 12 pecatur dan untuk junior sebanyak 38 atlet.

Menurut Ketua Panitia Kejurkot, Bangkit Wijaya Suharto di sela-sela kegiatan, Kejurkot kali ini digelar sebagai sarana seleksi atlet-atlet yang akan memperkuat tim Kota Yogyakarta pada ajang Kejurda Catur DIY. Dengan digelarnya Kejurkot, maka atlet-atlet yang nantinya akan mewakili Kota Yogyakarta di ajang Kejurda adalah yang terbaik, agar capaian terbaik dapat diraih tim Kota Yogyakarta.

Lebih lanjut Bangkit menambahkan, disamping menjadi ajang seleksi pembentukan tim Kejurda Catur DIY, Kejurkot juga diperuntukkan guna menyeleksi atlet yang akan masuk di program Puslatkot menuju Pekan Olahraga Daerah (Porda) yang dijalankan KONI Kota Yogyakarta mulai Juli besok. “Yang pasti, ajang ini kami gelar untuk melakukan seleksi atlet-atlet menuju Kejurda dan Puslatkot,” terangnya.

Terpisah, pendamping cabor catur Wiji Hartana SSos dalam sambutannya berharap , Kejurkot ini bisa memunculkan bibit-bibit pecatur handal dari Kota Yogyakarta yang kedepan dapat berprestasi di level DIY, nasional hingga internasional. “Yang terdekat ya di Porda DIY. Kalau kemarin Kota Yogya bisa jadi juara umum dengan 8 medali emas, di Porda besok semoga bisa naik jadi 10 emas,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Mobilisasi dan Kerjasama KONI Kota Yogyakarta, Inung Nurzani SSos menambahkan, Kejurkot kali ini dinilai berjalan dengan sukses baik dari sisi kualitas dan kuantitas. “Dari kualitas, persaingan antar pecatur di ajang in sangat ketat. Sedangkan untuk kuantitas, jumlahnya meski dibatasi, antusiasnya sangat tinggi,” ujarnya.

 

Untuk hasil Kejurkot :

Juara Kelompok Senior : Ilham Z (putra), Alodia Wening (putri)

Juara Kelompok Junior Putra :

M Daffa Wardana (junior A)

Ivan Kartika (junior B)

Immanuel Bintang (junior C)

Surya M (junior D)

Ali Al Faruq (junior E)

Farel (junior F)

M Gavin (junior G)

Juara Kelompok Junior Putri :

Kusumawati (junior A)

Cantika (junior B)

Aisyah M (junior C)

Mustika (junior D)

Shifania Aulia (junior E)

Karina (junior F)

 

Dokumentasi Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta