Puslatkot KONI Yogyakarta Masuk Tahap Finalisasi

UMBULHARJO (KONI YOGYA) – Program Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot) yang digelar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta mulai memasuki tahapan finalisasi. Sejumlah pengurus cabang olahraga (Cabor) mulai dipanggil secara bergantian untuk memaparkan rencana program latihan yang aakan digelarnya.

Dalam agenda pemanggilan pengurus Cabor tahap pertama yang berlangsung di Aula KONI Kota Yogyakarta, Selasa (29/6/2021), KONI Kota Yogyakarta mengundang 7 cabor yang secara pengajuan administrasi sudah lengkap. Ketujuh cabor yang diundang untuk mempresentasikan program Puslatkotnya tersebut meliputi, gateball, golf, renang, senam, kempo, sepakbola dan taekwondo.

Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM dalam kesmepatan tersebut mengatakan, pemanggilan ini kami lakukan untuk finalisasi rencana dimulainya Puslatkot pada awal Juli besok. “Dari pertemuan dengan pengurus cabor ini kami harapkan, semua kelengkapan administrasi bisa dipenuhi agar Puslatkot dapat segera dimulai Juli besok,” jelasnnya.

Terkait kelengkapan yang dibutuhkan setiap cabor untuk pencairan dana operasional pelaksanaan Puslatkot, Aji menderangkan, semua persyaratan administrasi sudah ditetapkan oleh Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Kota Yogyakarta. “Syarat-syarat pencairannya sudah ditetapkan olah Binpres. Kalau syaratnya sudah terpenuhi, dana segera dicairkan,” terangnya.

Disinggung mengenai pemanggilan perwakilan pengurus Cabor yang dilakukan secara bergilir, Aji menjelaskan, hal tersebut ditujukan agar protokol kesehatan tetap dijalankan tanpa mengurangi tujuan utama dari kegiatan tersebut. “Pemanggilan tahap pertama kemarin ada 7 cabor, selanjutnya kami akan terus panggil cabor-cabor lainnya,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Bidang (Kabid) Binpres KONI Kota Yogyakarta, Cukup Pahalawidi SPd MOr yang memimpin kegiatan menerangkan, dari total 39 induk organisasi cabor yang masuk dalam program Puslatkot, 22 cabor telah memasukkan proposal rencana Puslatkot. “Memangt masih cukup lumayan yang belum memasukkan, untuk itu kami dorong untuk segera memasukkan proposalnya,” jelasnya.

Dari 22 cabor yang telah memasukkan proposal Puslatkot tersebut, sekitar 14-15 cabor sudah lengkap persyaratan administrasi proposalnya. “Bagi cabor yang sudah beres, dalam beberapa hari dananya akan kami cairkan agar bisa segera menjalani program Puslatkot. Dengan persiapan yang sudah final ini, persiapan kami menuju Porda DIY diharapkan semakin maksimal,” tegasnya.

 

Dokumentasi Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta