Program Puslatkot KONI Yogya Didukung Dewan

UMBULHARJO (KONI YOGYA) – Program Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot) sebagai persiapan menuju Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta mendapat dukungan penuh dari Komisi D DPRD Kota Yogyakarta. Dukungan ini ditujukan agar capaian prestasi di ajang olahraga multi event terbesar di DIY mendatang bisa lebih baik, termasuk dapat mewujudkan target menjadi juara umum.

Komisi D DPRD Kota Yogyakarta mendukung program Puslatkot tersebut usai menggelar kegiatan rapat dengar pendapat bersama KONI Kota Yogyakarta dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta di DPRD Kota Yogyakarta, Senin (30/8). Dalam rapat tersebut, tiga instansi yang terkait dalam pembinaan olahraga ini berdiskusi panjang untuk membahas program demi meraih prestasi tertinggi bagi atlet-atlet Kota Yogyakarta di Porda DIY XVI 2022 mendatang.

Pada rapat tersebut, Komisi D DPRD dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi Krisnadi Setyawan, yang didampingi anggota Komisi, Antonius Suhartono , Suryani SE MSi, Bambang Anjar Jalumurti SPi, M Ali Fahmi SE MM, Yogo Prasetyo Pri Hutomo dan Ahmad Mufaris. “Harapan kami, program Puslatkot yang menjadi kegiatan utama KONI Yogyakarta bisa berjalan dengan lancar, aman, serta sesuai prokes, sehingga mampu meningkatkan prestasi atlet Yogyakarta,” ujar Krisnadi Setyawan.

Lebih lanjut Krisnadi menjelaskan, setelah menggelar rapat dengar pendapat dengan KONI Kota Yogya dan Dindikpora Yogyakarta dan mendapatkan penjelasan mengenai pelaksanaan Puslatkot, pihaknya mendukung adanya anggaran perubahan bagi KONI Kota Yogyakarta. Dukungan tersebut diharapkan dapat ikut mendorong KONI Yogyakarta untuk secara maksimal meningkatkan manajemen pengelolaan organisasinya.

“Informasi keolahragaan harus bisa dipresentasikan kepada masyarakat, baik di media sosial dan media lainnya, sehingga masyarakat bisa mengapresiasi. Dari apresiasi di masyarakat inilah nanti akan bermuara pada dukungan terkait anggaran di DPRD. Sehingga kita nantinya bisa bersinergi dengan baik (dengan DPRD terkait anggaran),” ujarnya.

Kepala Dindikpora Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori SE MSi yang turut hadir dan didampingi Sekretaris Dindikpora Dedi Budiana MPd, Kabid Pemuda dan Olahraga Agus Trimadi SIP MAcc, Ka Seksi Kelembagaan Bidang Pora Muhammad Bahauddin SE, dan Kasubag Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan Fajar Afrian SE MecDev, turun mendukung program yang dicanangkan oleh KONI Kota Yogyakarta.

Upaya dukungan tersebnut diwujudkan dengan terus dikembangkan dan dilakukannya pembinaan atlet sejak level pelajardi Kota Yogyakarta. Hanya saja, saat ini, lanjut Budi, upaya ini sedikit terkendala dengan kondisi fasilitas olahraga miliki sekolah selepas pengelolaan SMA/SMK menjadi kewenangan Pemda DIY.

Sementara itu, Ketum KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM yang hadir didampingi Sekum Iriantoko Cahyo Dumadi BSc, Wakil Ketua I Bastari Ilyas SH MH, Wakil Ketua III Kusmarbono, serta sejumlah Ketua Bidang dan pengurus lainnya mengatakan, dukungan dari DPRD Kota Yogyakarta terhadap pelaksanaan Puslatkot diharapkan ikut membawa angin segar pada pengajuan anggaran perubahan oleh KONI Kota Yogyakarta. Pasalnya, anggaran tersebut ditujukan untuk melanjutkan program Puslatkot yang saat ini tengah berlangsung.

Dijelaskannya, saat ini program Puslatkot KONI Kota Yogyakarta untuk persiapan menuju Porda DIY masih dianggarkan bulan Agustus dan September. Sedangkan untuk bulan Oktober hingga Desember, sesuai rencana masuk dalam rencana anggaran perubahan. “Kami sangat berterimakasih atas dukungan DPRD Kota Yogyakarta pada program Puslatkot yang dicanangkan KONI Kota Yogyakarta ini,” tandasnya.

 

Foto dan Narasi : Dokumentasi Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta