Atlet Puslatkot Jalani Tes Kesehatan

GONDOKUSUMAN (KONI YOGYA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta menggelar tes kesehatan demi mengoptimalisasi program Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot) menuju Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022 mendatang. Dalam kegiatan yang berlangsung hingga 28 Oktober 2021 kemarin, sebanyak 600 atlet menjalani pemeriksanaan kesehatan.

Bertempat di RS Siloam Yogyakarta, tes kesehatan tersebut menurut ketua panitia kegiatan, Drs H Pradopo, dilakukan dalam beberapa tes. Diantaranya, tes darah secara lengkap, konsultasi dokter hingga tes EKG untuk mengecek kondisi jantung. “Tes darah ini meliputi beberapa hal yang dilakukan pengecekan, mulai dari kadar HB hingga kadar gulanya,” jelasnya

Pelaksanaan tes kesehatan dilakukan secara bertahap mengacu pada daftar cabor peserta Puslatkot dan dimulai sejak 11 Oktober 2021 lalu. Beberapa cabor yang menjalani tes diantaranya, atletik, dayung, senam, basket, yongmodo, taekwondo, tarung derajat, tinju, bola voli, bola voli pasir, pencak silat, hingga kempo.

Terkait tes kesehatan ini, Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM didampingi Sekum Iriantoko Cahyo Dumadi BSc menerangkan, digelarnya tes kesehatan ini diharapkan rekam medis semua atlet peserta bisa didapat. Pasalnya, data kesehatan atlet sangat penting untuk upaya memaksimalkan prestasi sang atlet kedepannya.

“Harapannya dengan tes kesehatan ini kita bisa benar-benar menjaga dan mengetahui kondisi esehatan atlet. Termasuk riwayat medis dan riwayat lainnya, seperti cedera dan penyakit yang pernah dideritanya. Ini menjadi momentum pertama atlet dites kesehatannya sebelum Puslatkot, apalagi tesnya ada tes jantung juga. Bagi atlet, tes jantung ini sangat penting,” jelasnya.

 

Foto dan Narasi : Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta