KONI Yogya Kumpulkan Pelatih Demi Persiapan Porda DIY

DANUREJAN (KONI YOGYA) – Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY yang berlangsung September tahun depan, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta semakin serius melakukan persiapan. Salah satu wujud nyata persiapan tersebut terlihat dari dikumpulkannya semua pelatih cabang olahraga (cabor) yang mengikuti program Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot) 2021.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) pada Sabtu dan Minggu (11-12/12/2021) tersebut, ada tiga kegiatan berbeda yang semuanya ditujukan untuk mempersiapkan atlet-atlet menuju Porda. Ketiga kegiatan tersebut diampu oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang), serta Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres).

Ketua Panitia kegiatan, Drs H Pradopo di sela-sela kegiatan mengatakan, ketiga kegiatan yang digelar secara marathon selama dua hari ini menurut Pradopo meliputi, dari Bidang Litbang ada dua yakni sosialisasi-evaluasi hasil tes kesehatan dan tes fisik atlet Puslatkot, serta pelatihan penyusunan program latihan.

Sedangkan untuk kegiatan yang dilaksanakian oleh Bidang Binpres adalah, sosialisasi Pelatcab dan target medali Porda tahun 2022. “Kami sengaja mengundang semua pelatih cabor yang selama ini ikut program Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot) untuk ambil bagian di kegiatan ini. Ini kami laksanakan untuk persiapan kami menuju Porda mendatang,” ujar.

Menurut Pradopo, ketiga kegiatan tersebut sangat penting untuk persiapan Porda dikarenakan, seluruh pelatih bisa melakukan evaluasi dan perbaikan kepada pola latihan bagi atlet-atletnya berdasar dari hasil tes fisik dan tes kesehatan yang telah dilakukan KONI Kota Yogya. “Hasil tes kemarin kiami sampaikan dan dievaluasi agar bisa dijadikan bahan evaluasi ke masing-masing pelatih cabor,” jelasnya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketum KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, ketiga kegiatan yang digelar oleh Bidang Litbang dan Binpres ini sangat penting guna persiapan menuju Porda. “Karena target kita adalah juara umum, maka persiapan untuk menuju Porda harus dimulai sejak jauh-jauh hari,” jelasnya.

Dari hasil evaluasi tes fisik dan kesehatan yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, mayoritas atlet Kota Yogyakarta sudah bagus hasilnya. Namun, hal tersebut tetap perlu untuk diperbaiki agar bisa semakin optimal dan maksimal saat tampil di Porda mendatang. “Hasil bagus ini bisa menjadi modal untuk menjadi prestasi yang lebih bagus bagi Kota Yogya di Porda mendatang,” tegasnya.

Sementara itu Kabid Binpres KONI Kota Yogya, Cukup Pahalawidi MOr menambahkan, kegiatan dari Binpres yakni sosialisasi Pelatcab dan target medali Porda tahun 2022 ditujukan untuk menyiapkan para pelatih untuk menyusun program Pelatcab Porda DIY di tahun depan. “Karena persiapan terakhir menuju Porda itu Pelatcab, kami mulai siapkan semua pelatih untuk menyusun program menuju Pelatcab,” tegasnya.

 

Foto dan narasi : Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta