Aji Karnanto Ketum KONI Kota Yogyakarta 2022-2026

JETIS (KONI YOGYA) – Aji Karnanto SE MM kembali menjadi Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta untuk periode 2022-2026. Dalam agenda Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Yogyakarta yang digelar di Ballroom Hotel Tentrem, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, Sabtu (18/12/2021), satu-satunya calon ketum di Musorkot tersebut, kembali terpilih setelah mendapatkan dukungan secara aklamasi.

Dalam Musorkot yang dihadiri perwakilan dari 50 anggota KONI Kota Yogyakarta, 14 Koordinator Olahraga Kemantren (Korman), serta sejumlah undangan mulai dari Walikota Yogyakarta Drs H Haryadi Suyuti, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori SE MSi, Ketum KONI DIY Prof Dr H Djoko Pekik Irianto MKes AIFO dan seluruh perwakilan KONI Kabupaten se-DIY.

Ketua sidang pleno pemilihan, Rokhiman SH yang didampingi dua anggota, Heryos Soekamto dan Nuri Hartana menetapkan Aji Karnanto sebagai Ketum KONI Kota Yogyakarta terpilih setelah tim penjaringan dan penyaringan dalam laporannya hanya menerima satu calon Ketum. “Berdasar tata tertib, jika hanya ada satu calon, maka calon tersebut ditetapkan langsung menjadi Ketum,” ujar Rokhiman dalam persidangan pleno pemilihan Musorkot.

Terpilih menjadi Ketuam umum kembali, Aji Karnanto SE MM siap mewujudkan visi dan misi yang telah disiapkan sebelum menjabat posisi tersebut. Untuk visi, sebagai Ketum terpilih KONI Kota Yogyakarta, dirinya akan menjadikan KONI Kota Yogyakarta sebagai organisasi yang solid, dan responsif.

Harapannya, dengan organisasi yang solid dan responsif tersebut, akan dapat menciptakan prestasi olahraga yang terunggul di DIY. Salah satu jalan untuk bisa meraihnya adalah, untuk di pencapaian prestasi diantaranya, mengintensifkan sumber daya yang tersedia untuk program pembinaan prestasi.

Selain itu, melakukan pembinaan prestasi secara sistematis, bertahap dan berkesinambungan. Kemudian mengusahakan secara bertahap untuk pemenuhan sarana dan prasarana yang memadai bagi latihan atlet. “Selain itu, membangun kerjasama yang harmonis dengan Pemkot Yogyakarta, dan stake holder lainnya dalam pembinaan prestasi olahraga,” tegasnya.

Selain di bidang Binpres, Aji juga menyiapkan memiliki misi di bidang organisasi dimana akan menjadikan manajemen organisasi yang mengarah kepada pengelolaan manajemen professional dengan struktur organisasi yang fleksibel dan dinamis. Sedangkan untuk bidang keuangan, pihaknya akan melakukan pengelolaan anggaran dengan akuntabilitas keuangan yang transparan dan terbuka kepada seluruh anggota dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sementara itu Kadindikpora Budi Santoso Asrori SE MSi dalam sambutannya mewakili Walikota Yogyakarta mengatakan, pihaknya menyambut baik ajang Musorkot kali ini. Hal tersebut dikarenakan, masa depan pembinaan olahraga di Kota Yogyakarta menurutnya akan sangat bergantung pada kegiatan Musorkot ini. “Saya harap laporan pertanggungjawaban pengurus KONI Kota Yogyakarta periode saat ini bisa dicermati bersama sebagai bahan evaluasi,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum KONI DIY Prof Dr H Djoko Pekik Iriant MKes AIFO mengatakan, sejumlah program pembinaan atlet kedepan yang harus disinergikan dengan baik. Mulai dari tingkat Pelatcab, Pelatda, hingga Pelatnas semua diharapkan bisa bersinergi agar atlet tidak berlebihan dalam berlatih.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan, M Syalthyut Aridloi mengatakan, pada Musorkot ini, sebanyak 50 anggota KONI Kota Yogyakarta diundang. Jumlah tersebut terbagi atas, 48 pengurus cabang olahraga dan dua badan keolahragaan fungsional. Untuk peninjau di kegiatan ini juga dihadirkan 14 Koordinator Olahraga Kemantren (Korman).

 

Foto dan Narasi : Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta