Resmi Dilantik, Percasi Ingin Terus Berprestasi

KRATON (KONI YOGYA) - Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) DIY secara resmi melantik dan mengukuhkan kepengurusan Pengurus Kota (Pengkot) Percasi  Yogyakarta periode 2022-2026 pada Minggu (27/2/2022) lalu. Di bawah kepemimpinan Ketua Umum (Ketum) Baroto Wijatun SPd, Percasi Yogyakarta berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan pada atlet-atletnya sehingga mampu meraih prestasi tertinggi di segala event.

Salah satu event yang saat ini dibidik untuk bisa menjadi ajang atlet-atlet Kota Yogyakarta meraih prestasi tertinggi yakni Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY dan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) DIY 2022. Untuk Porda DIY yang akan berlangsung pada 1-9 September mendatang, pria yang akrab disapa Jatun ini mengusung target juara umum.

Target tersebut menurutnya tak lepas dari capaian prestasi yang pada Porda XV DIY 2019 lalu dimana Kota Yogyakarta juga berhasil menjadi juara umum. “Pada Porda sebelumnya kami bisa menjadi juara umum untuk cabor catur, jadi target kita di kepengurusan kali ini yang utama adalah mempertahankannya,” tegas Jatun.

Sebagai persiapan, saat ini pecatur-pecatur terbaik dari Kota Yogyakarta telah disiapkan untuk menjalani program pelatihan. Setelah tahun lalu menjalani program Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot) dari KONI Kota Yogyakarta, di tahun 2022 ini program serupa juga akan dilakukan sebagai persiapan bagi pecatur Kota Yogyakarta untuk mempertahankan gelar juara umum.

“Untuk medali, kami inginkan sama seperti Porda kemarin dimana Kota Yogyakarta mampu merebut 8 medali emas dan menjadi juara umum. Tapi karena persaingan dan kualitas pecatur antar daerah saat ini semakin ketat, target utama yang kami canangkan untuk Porda mendatang adalah juara umum dulu. Kalau bisa merebut 8 emas, ya kami akan berusaha maksimal,” jelasnya.

Selain mengejar prestasi di ajang Porda DIY, pria yang akrab di sapa Jatun ini juga tengah mempersiapkan atlet-atlet pelajar Kota Yogyakarta untuk tampil di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Porda) DIY bulan Maret ini. “Di kepengurusan kami ini, selain Porda yang akan berlangsung September, kami juuga mempersiapkan atlet kami tampil di Popda DIY,” tegasnya.

Dalam kesempatan terpisah, Manajer Tim Popda Kota Yogya yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I Pengkot Percasi Kota Yogya, Bangkit Wijaya Suharto SFis mengatakan, pada Popda mendatangtim Kota Yogyakarta ingin memperbaiki prestasi yang diraih pada Popda 2020 silam. Di ajang Popda terakhir dua tahun lalu Kota Yogyakarta menempati peringkat tiga di DIY.

Dengan gambaran tersebut, Bangkit memasang target minimal di tahun ini tim Popda Kota Yogyakarta bisa naik ke peringkat yang lebih tinggi. Guna memaksimalkan potensi atlet-atlet catur pelajar Kota Yogyakarta yang saat ini telah menjalani pemusatan latihan, program latihan yang dijalani menurut Bangkit terus dimaksimalkan.

“Targetnya lebih baik dulu, kemarin tiga besar. Besok ya kami kejar dua besar atau bahkan juara umum. Seminggu kami latihan 4 kali. Pelaksanaannya bisa tatap muka secara langsung, tapi juga melalui latihan online. Tatap mukanya di Rotowijayan dan di Ndalem Kaneman,” tandasnya.

 

Susunan kepengurusan Pengkot Percasi Yogyakarta periode 2022-2026 yakni ;

Ketua Umum : Baroto Wijatun SPd

Ketua I : Bangkit Wijaya Suharto SFis

Ketua II : Sukahnanto

Ketua III : Tangkas Purba

Sekretaris Umum : Agus Windarto STP WNP PNP

Wakil Sekretaris : M Meilina Andriyani SH

Bendahara Umum : Dr Widia Setiawan ST MT

Wakil Bendahara : Herni Miji Astuti

Bidang Keperlatihan : Bimo TAW MN WNP PNP, Arko Pramudito MN WNP PNP

Bidang Perwasitan : Frisky Adi Sakti SE WNM, Agus Nugroho SE MP WNP, Gatot Suyono WNP PNP

Bidang Umum : Hari Wahyudi, Eko Yuli Hartoyo, RY Harto

 

Foto dan Narasi : Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta