FPTI Kota Yogyakarta Gelar Audiensi Dengan Walikota

UMBULHARJO (KONI YOGYA) - Pengurus Kota (Pengkot) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yogyakarta menggelar audiensi dengan Walikota Yogya, Drs H Haryadi Suyuti di Ruang Walikota, Kompleks Balaikota Yogyakarta, Rabu (2/3/2022). Dipimpin langsung oleh Ketua Umum-nya, Ipung Purwandari, FPTI Yogyakarta melaporkan proses pembangunan papan panjat dinding FPTI Yogyakarta yang telah selesai.

Dengan telah rampungnya proses pembangunan papan panjat dinding tersebut, maka Pengkot FPTI Kota Yogyakarta mengharapkan Bapak Walikota Yogyakarta, Drs H Haryadi Suyuti untuk berkenan meresmikan secara langsung. Rencananya, peresmian untuk penggunakan papan panjat yang berada di Kawasan GOR Segoro Amarto ini akan dilakukan pada Sabtu (12/3) pekan depan.

“Kemarin kami menggelar audiensi dengan Bapak Walikota Yogyakarta untuk melaporkan telah selesainya pembangunan papan panjat dinding FPTI Yogyakarta yang dibiayai Pemkot Yogya melalui KONI Kota Yogyakarta. Bapak Walikota sudah siap untuk meresmikan papan panjat ini, rencananya peresmiannya,” jelas Ipung.

Setelah selesai dan siap digunakan, dalam kesempatan tersebut Ipung juga mengaku mendapat pesan khusus dari Walikota Yogyakarta agar arena tersebut kedepan agar bisa dimanfaatkan untuk pelaksanaan kejuaraan level nasional. “Pak Wali kemarin juga berpesan agar papan panjat ini kedepan bisa mendukung pembinaan dan memunculkan atlet panjat tebing berprestasi dari Kota Yogya. Selain itu, diharapkan papan panjat ini bisa juga menggelar event-event nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut Ipung mengatakan, setelah rampungnya pembangunan papan panjat tersebut, nantinya dirinya berharap akan menghadirkan dampak positif pada banyak hal. Mulai dari dampak positif bagi pengembangan olahraga panjat tebing hingga dampak pada perekonomian masyarakat sekitar lokasi papan panjat tersebut.

Untuk pengembangan olahraga panjat tebing, wanita yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kota Yogyakarta ini mengatakan, dengan adanya papan panjat yang berdampingan dengan GOR Segoro Amarto, maka pemasyarakatan olahraga ini bisa semakin gencar dilakukan. Harapannya, akan muncul bibit-bibit atlet panjat terbing handal dari Kota Yogya.

Sedangkan untuk sisi pengembangan ekonomi masyarakat, dengan keberadaan papan panjat yang berstandar nasional, maka sejumlah event nasionjal juga bisa digelar di arena tersebut. “Kami berharap arena ini bisa dijadikan sarana pengenalan olahraga panjat tebing ke masyarakat, mungkin bisa lewat Sekolah Dasar wilayah sekitar untuk pengenalan sekaligus mencari bibit baru. Sedangkan untuk sektor ekonomi, diharapkan jika ada kejuaraan, UMKM dari masyarakat sekitar kan bisa ikut memasarkan produknya di arena tersebut,” bebernya.

SeSementara itu secara terpisah Ketum KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM yang turut hadir dalam audiensi tersebut juga mendukung pemanfaatan papan panjat dinding tersebut secara maksimal. “Kami harap papan panjat ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk memasyarakatkan olahraga ini agar dapat memunculkan atlet usia dini sebagai bibit untuk masa depan,” tandasnya.

 

Foto : Pengkot FPTI Yogyakarta

Narasi : Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta