Tri Kirana Muslidatun Kembali Pimpin Perwosi Yogya

UMBULHARJO (KONI YOGYA) – Melalui Musyawarah Kota (Muskot) ke-58, Hj Tri Kirana Muslidatun kembali terpilih sebagai Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kota Yogyakarta untuk periode 2022-2026. Dalam Muskot yang berlangsung di Ruang Bima, Balaikota Yogyakarta, Senin (7/3/2022), seluruh anggota memberikan dukungan secara aklamasi.

Usai terpilih dalam Muskot Perwosi yang secara langsung dibuka oleh Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM tersebut, Tri Kirana Muslidatun menegaskan komitmennya untuk terus menggiatkan kegiatan olahraga di masyarakat. Hanya saja, khusus di masa pandemi seperti saat ini, kegiatan olahraga tetap harus mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pada pelaksanaannya.

“Kedepan, meski masih dalam masa pandemi, kami tetap ingin olahraga berjalan agar masyarakat tetap bisa menjaga kesehatan melalui olahraga. Namun karena saat ini masih dalam masa pandemi, pelaksanaannya tetap akan mematuhi prokes yang telah ditentukan,” jelasnya.

Lebih lanjut Istri Walikota Yogyakarta, Drs H Haryadi Suyuti ini juga mengatakan,saat ini beberapa cabang olahraga (cabor) sudah mulai menggelar kegiatan, baik itu berupa kejuaraan atau kompetisi. Namun, untuk pelaksanaannya tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) yang cukup ketat karena masih dilaksanakan pada pandemi Covid-19.

Beberapa kegiatan olahraga yang rutin digelar oleh Perwosi Kota Yogyakarta sebelum pandemi Covid-19 melanda menurut wanita yang akrab disapa Ana ini salah satunya adalah senam massal. Bahkan kegiatan tersebut secara rutin terselenggara di masyarakat hingga tingkat RW, bulutangkis hingga tenis meja.

Khusus untuk olahraga senam, Perwosi Kota Yogyakarta juga telah membuat senam baru yakni ‘Senam Kreasi Wira Pertiwi’ yang ditujukan untuk menggiatkan masyarakat untuk kembali berolahraga meski masih dalam pandemi Covid-19. “Senam ini menggabungkan gerakan seni budaya, olahraga dan senam modern. Dengan senam baru ini, diharapkan masyarakat semakin bersemangat untuk berolahraga,” jelasnya.

Guna terus mengajak masyarakat di Kota Yogyakarta untuk terus berolahraga dan semakin menggemarinya, Perwosi akan mengajak ibu-ibu dan perempuan di wilayahnya untuk menjadi motor olahraga di lingkup keluarganya. “Perempuan itu motor di sebuah keluarga untuk bisa berusaha menghidupkan olahraga di masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM mendukung Muskot Perwosi Kota Yogyakarta. Dengan Muskot ini dirinya berharap agar Perwosi Kota Yogyakarta dapat terus mendukung dan membantu KONI dalam membudayakan olahraga di masyarakat.

Dengan olahraga yang semakin membudaya di masyarakat, diharapkan kedepan akan muncul bibit-bibit atlet baru guna mendukung olahraga prestasi di KONI Kota Yogyakarta. “Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Muskot dan program kerja dari Perwosi Yogya. Diharapkan kedepan Perwosi dapat terus menjadi bagian dari KONI Yogya untuk melakukan pembinaan olahraga di masyarakat,” ujar Aji.

 

Foto dan Narasi : Bidang Media Humas KONI Kota Yogyakarta