Walikota Resmikan Arena Papan Panjat Tebing Kota Yogyakarta

TEGALREJO (KONI YOGYA) - ‘Arena Papan Panjat Tebing Kota Yogyakarta’ yang dibangun melalui dana Pemkot Yogyakarta mulai dapat difungsikan usai diresmikan Walikota Yogyakarta, Drs H Haryadi Suyuti, Sabtu (12/3). Bertempat di Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) Tegalrejo, fasilitas ini dimanfaatkan oleh Pengkot Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Yogyakarta.

Dengan terbangunnya fasilitas latihan baru ini, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti kedepan prestasi panjat tebing di Kota Yogyakarta bisa meningkat, termasuk saat berlomba di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022. “Kemarin saat Porda DIY, panjat tebing Kota Yogyakarta berada di posisi kedua, semoga dengan adanya alat ini, pada Porda DIY yang akan digelar 1-9 September mendatang, prestasinya bisa lebih baik,” ujarnya.

Selain berharap bisa meningkatkan prestasi di ajang Porda mendatang, Haryadi juga menginginkan agar arena papan panjat ini dijadikan sebagai sarana pembinaan dan pembibitan atlet-atlet panjat tebing muda dari Kota Yogyakarta. Hal in dikarenakan, prestasi panjat tebing Kota Yogyakarta di tahun-tahun sebelumnya bisa memunculkan atlet-atlet nasional bahkan internasional.

Padalah, pada saat itu kondisi sarana dan prasarana latihan bagi atlet-atletnay belum selengkap seperti fasilitas yang ada saat ini. Dengan fasilitass berlatih yang semakin lengkap, harapannya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk memunculkan atlet-atlet berprestasi. “Semoga bisa memunculkan atlet berprestasi bagi Kota Yogya, baik nasional atau bahkan internasional,” tegasnya.

Salah satu cara untuk melakukan pembibitan menurut Haryadi adalah mengajak warga masyarakat di sekitar arena, termasuk murid-murid SMPN 7 Yogyakarta untuk ikut berlatih dan mengenal panjat tebing. “Arena ini harus juga dijadikan sarana sosialisasi dan mengenal olahraga panjat tebing ke masyarakat. Tapi pelaksanaannya harus dalam bimbingan pelatih, karena olahraga ini perlu keahlian dan penanganan khusus,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Umum (Ketum) Pengkot Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yogyakarta, Ipung Purwandari SH mengatakan, diresmikannya arena papan panjat tebing ini diharapkan bisa menghadirkan dampak positif pada pembinaan olahraga panjat tebing di Kota Yogyakarta. Salah satu dampak positifnya adalah, bisa muncul bibit-bibit atlet panjat terbing dari wilayan tersebut.

“Setelah diresmikan, papan panjat tebing ini bisa menjadi sarana pengenalan olahraga panjat tebing ke masyarakat. Mungkin bisa bekerjasama dengan sekolah-sekolah di sekitar arena papan panjat ini untuk menggelar kegiatan pengenalan sekaligus mencari bibit baru. Agar kedepan Kota Yogyakarta bisa memunculkan atlet berprestasi nasional atau bahkan internasional,” jelasnya.

 

Narasi dan Foto : Bidang Media dan Humas KONI Kota Yogyakarta