KONI Gelar Penguatan Organisasi Demi Sukses Porda DIY

BANGUNTAPAN (KONI YOGYA) – Demi mencapai sukses pada ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta menggelar kegiatan penguatan organisasi. Program yang ditujukan bagi seluruh pengurus ini digelar dengan menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori SE MSi.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Grand Rohan Hotel, Kamis (30/6/2022) tersebut, Budi Santosa Asrori mengatakan, pihaknya sengat mendukung kegiatan yang digelar KONI Kota Yogya tersebut. Penguatan dan penyusunan program kerja oleh seluruh bidang di induk organisasi olahraga prestasi ini sejalan dengan program dari Dindikpora Yogya yakni Reformasi Sistem Olahraga Atlet Usia Dini.

Saat ini Dindikpora Kota Yogyakarta tengah membuat pedoman pembinaan atlet usia dini yang terdiri dari sport science  sebagai rujukan utama dalam pembinaan atlet usia dini. Sport search sebagai metode alat ukur atlet usia dini, peningkatan kompetensi guru dan pelatih olahraga dengan sport science, penciptaan kompetisi yang berjenjang, penciptaan  pemusatan pelatihan atlet dan pembuatan Rumah Olahraga (ROR) sebagai pusat pengembagan sport science.

Sementara itu Ketua KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menguatkan internal organisasi KONI Kota Yogyakarta agar kedepan semakin maksimal dalam menjalankan dan menyiapkan program kerja pembinaan. Dengan kekompakan dan kebersamaan di iternal, maka pelaksanaan program kerja bisa berjalan semakin maksimal, termasuk di Porda DIY.

Menurut Aji, dengan pelaksanaan Porda DIY yang tinggal menunggu beberapa bulan lagi, KONI Kota Yogya sebagai salah satu peserta jelas membutuhkan kekompakan dan kebersamaan dalam menjalaninya. “Dengan kekompakan dan kebersamaan, maka semua bidang dan semua pengurus akan saling bahu-membahu menyiapkan semua cabang olahraga dan atlet untuk meraih prestasi terbaik di Porda mendatang,” tegasnya.

Jika di Porda XV DIY 2019 silam Kontingen Kota Yogyakarta baru bisa menempati peringkat kedua pada klasemen akhir perolehan medali, di tahun ini dengan persiapan yang lebih maksimal maka target yang dicanangkan adalah bisa meraih hasil lebih baik. “Dengan kebersamaan dan kekompakan, bukan tidak mungkin kontingen Kota Yogyakarta bisa meraih juara umum di Porda besok ini,” ujarnya.

Selain menyiapkan segala sesuai menghadapi Porda DIY yang berlangsung 1-9 September mendatang, dalam kegiatan ini juga dibahas bersama mengenai rencana program yang akan disiapkan pada tahun 2023 mendatang. Hal ini sebagai bagian dari perencanaan menuju Porda XVII DIY yang akhirnya akan dilaksanakan pada tahun 2025 mendatang, atau terpaut tiga tahun setelah Porda tahun ini.

Dengan jeda tiga tahun ini, maka KONI Kota Yogyakarta mulai mempersiapkan secara serius untuk ambil bagian di ajang tersebut demi meraih perstasi terbaik. Dari seluruh bidang yang ada di KONI Kota Yogyakarta, seluruhnya memaparkan rencana program-program yang akan disiapkan di tahun 2023.(BMH)