KONI Yogya Tingkatkan SDM Pelatih Jelang Porda

DANUREJAN (KONI YOGYA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas SDM pelatih di Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta, Minggu (3/6/2022). Kegiatan ini ditujukan untuk mendukung upaya meraih prestasi maksimal, khususnya menjadi juara umum di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022 yang berlangsung 1-9 September mendatang.

Pada kegiatan yang dihadiri pelatih-pelatih dari cabang olahraga (cabor) KONI Kota Yogyakarta yang akan tampil di ajang Porda mendatang, difokuskan pada materi penguatan kemampuan seorang atlet dan materi pelaksanaan tes fisik. Materi-materi tersebut dinilai sangat penting dalam melihat perkembangan hasil latihan di semua cabor yang telah menjalani program pemusatan latihan.

Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM dalam pembukaan acara tersebut mengatakan, kegiatan pelatihan peningkatan SDM pelatih ini merupakan bagian dari program bidang penelitian dan pengembangan (Litbang) KONI Kota Yogyakarta. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan cabor-cabor anggota KONI Kota Yogyakarta ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi peningkatan kemampuan atlet-atlet binaannya.

Dengan manfaat positif yang bisa didapat semua cabor tersebut, Aji berharap pada ajang Porda DIY mendatang, capaian prestasi atlet-atlet Kota Yogya bisa semakin meningkat dan dapat menjadi juara di masing-masing nomor atau cabor yang diikutinya. Dengan bisa meraih juara di masing-masing nomor atau cabor, harapannya capaian ini bisa mendukung cita-cita KONI Yogya untuk menjadi juara umum.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap bisa bermanfaat bagi pelatih-pelatih semua cabor. Semoga kedepan cita-cita yang KONI inginkan yakni meraih prestasi tertinggi di Porda mendatang bisa tercapai. Kami sebagai KONI, dalam sebuah perlombaan pasti ingin jadi yang terbaik. Oleh karenanya, dengan pelatihan ini semoga atlet-atlet bisa mencapai perstasi tertinggi, dan kami KONI Yogyakarta bercita-cita menjadi juara umum Porda mendatang,” terangnya.

Sementara itu, salah satu pemateri di kegiatan ini yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) KONI Kota Yogyakarta, Cukup Pahalawidi MOr menjelaskan, saat ini banyak cabor yang ikut program Pemusatan Latihan Cabang Olahraga (Pelatcab). Hal ini memerlukan pendekatan berbeda-beda dalam pola latihannya.

Pasalnya, karakter masing-masing berbeda-beda di masing-masing cabor, sehingga setiap pelatih harus bisa mengolahnya dan semua harus benar-benar tahu. Untuk persiapan Porda, Cukup juga meminta kepada semua pelatih untuk melakukan tes fisik kepada para atletnya demi melihat perkembangan kondisi mereka.

Tes tersebut meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, kelentukan, power dengan standingboard jump, kekuatan otot tungkai dengan wall sit, kecepatan lari dengan lari 40 m, kekuatan perut dengan sit up 60 detik, power lengan dengan push up 60 detik dan vo2Max.

Selain membeberkan mengenai tes fisik, dalam kesempatan tersebut Cukup juga menekankan kepada semua pelatih tentang empat unsur penting bagi atlet untuk bisa meraih prestasi. “Keempat unsur tersebut yakni, fisik, teknik, taktik, dan mental. Keempatnya harus dimiliki seorang atlet untuk bisa meraih prestasi maksimal, termasuk di Porda mendatang,” jelasnya.(BMH)