Hasil Monev Bikin KONI Yogya Makin Optimistis

UMBULHARJO (KONI YOGYA) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta makin optimistis menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022 yang berlangsung 1-9 September mendatang. Hal ini didasarkan pada hasil monitoring dan evaluasi (monev) ke lokasi latihan seluruh cabang olahraga (cabor) program Pemusatan Latihan Cabor (Pelatcab).

Wakil Ketua (WK) II KONI Kota Yogyakarta, Danardono MOr di Kantor Sekretariat KONI Yogyakarta, Senin (11/7/2022) mengatakan, saat ini seluruh cabor yang telah dimonitoring dan dievaluasi, telah menunjukkan keseriusan mereka dalam berlatih. Dengan masih ada satu setengah bulan kedepan untuk berlatih, diharapkan saat tampil di Porda, seluruh atlet bisa menghasilkan prestasi terbaiknya.

Dari hasil monev selama ini, dirinya mengaku semakin optimistis kontingen Kota Yogyakarta bisa meraih target medali yang telah dicanangkan. “Melihat kesiapan dan latihan para atlet yang dengan semangat tinggi, kami semakin optimistis target meraih medali emas melebihi Porda sebelumnya bisa kami wujudkan,” tandasnya.

Terlebih, menurutnya, saat menggelar monev, sejumlah cabor telah membeberkan hasil positif yang didapat saat mengikuti ajang try out. “Alhamdulillah, hasil try out teman-teman cabor kemarin cukup bagus. Ini jelas menjadi modal kuat bagi mereka untuk bisa meraih lebih maksimal di ajang Porda mendatang,” tegasnya.

Meski mengapresiasi hasil try out, namun Danardono juga tetap mengingatkan kepada semua cabor untuk tetap fokus pada target utama yakni prestasi di Porda DIY. “Tahapan program latihannya harus dimatangkan lagi, jangan sampai mereka bagus saat try out tapi menurun saat Porda. Ini masalah pengaturan waktu pic performance seorang atlet, dan tim pelatih harus jeli,” paparnya.

Lebih lanjut Danardono mengatakan, program monev ini sendiri memang ditujukan untuk mendukung latihan atlet-atlet Kota Yogyakarta agar bisa berjalan semakin optimal jelang tampil di Porda mendatang. Guna memaksimalkan program monev ini, seluruh pengurus KONI Kota Yogyakarta diterjunkan untuk turun langsung mendampingi program latihan atlet.

Dengan monev ini, diharapkan semua perkembangan cabor bisa terus terpantau oleh KONI Kota Yogya, sehingga persiapannya bisa berjalan secara optimal. Dengan persiapan yang optimal selama Pelatcab, diyakini akan mendukung upaya pencapaian prestasi maksimal saat tampil di Porda DIY mendatang. “Kami sekarang memang tengah memaksimalkan program Monev, ini ditujukan untuk memonitoring pelaksanaan program Pelatcab,” terangnya.(BMH)