KONI Ucapkan Terimakasih Pada Pemkot Yogyakarta Atas Tali Asih Porda

UMBULHARJO (KONI YOGYA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakartaa yang telah menyerahkan tali asih bagi kontingen Kota Yogyakarta yang berjuang di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022 lalu. Perwakilan atlet, pelatih, ofisial dan Pengurus Kota (Pengkot) cabanag olahraga (Cabor) secara simbolis menerima tali asih atas prestasinya di Balai Kota Yogyakarta, Senin (20/2/2023) kemarin.
Ketum KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM dalam acara penyerahan tali asih Porda XVI DIY 2022 dan Peparda III DIY 2022 Kontingen Kota Yogyakarta di Balai Kota Yogyakarta mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkot Yogyakarta yang berkenan memberikan tali asih ini. Dari total 129 medali emas, 111 medali perak dan 126 medali perunggu yang berhasil diraih Kontingen Kota Yogyakarta pada Porda DIY lalu, terdapat 599 atlet, 105 pelatih, 69 ofisial serta 37 Pengkot Cabor yang mendapatkan tali asih ini.
Pada tahun ini, dijelaskan Aji, tali asih bagi atlet ditetapkan dalam empat kategori berbeda, yakni nomor perorangan, ganda, beregu 3-9 atlet dan beregu dengan jumlah 10 atlet keatas. Untuk nomor perorangan, medali emas mendapatkan tali asih sebesar Rp 16 juta, medali perak Rp 6 juta dan medali perunggu Rp 3 juta. Untuk nomor ganda, medali emas mendapatkan Rp 11 juta, medali perak Rp 4 juta dan medali perunggu Rp 2 juta. 
Untuk nomor beregu dengan jumlah atlet 3-9 orang, medali emas mendapat Rp 8,5 juta, perak Rp 3 juta, dan perunggu Rp 1,5 juta. Sedangkan nomor beregu dengan jumlah atlet 10 orang atau lebih, medali emas mendapatkan Rp 6,5 juta, medali perak Rp 2 juta dan medali perunggu  Rp 1,5 juta.
Selain atlet, tali asih juga diberikan kepada pelatih dengan rincian, untuk pelatih cabor juara umum mendapatkan tali asih sebesar Rp 16 juta, pelatih cabor juara umum II menerima tali asih sebesar Rp 6 juta, pelatih cabor juara umum III menerima tali asih Rp 3 juta, dan pelatih juara umum IV yang mendapat medali emas mendapatkan tali asih Rp 1,5 juta.
Penghargaan juga diberikan kepada Pengkot Cabor yang pada Porda DIY lalu meraih prestasi membanggakan. Bagi Pengkot Cabor yang sukses merebut gelar juara umum, mendapatkan tali asih sebesar Rp 15 juta. Kemudian Pengkot Cabor yang merebut juara umum II menerima tali asih sebesar Rp 7 juta, dan untuk Pengkot Cabor yang meraih juara umum III mendapatkan tali asih Rp 3 juta. 
"Untuk atlet peraih nominal tali asih terbesar kali ini diraih oleh Aurelia Nariswari Putri Sigit dari cabor sepatu roda yang berhasil merebut 5 medali emas dengan total tali asih sebesar Rp 65 juta. Sedangkan untuk atlet putra peraih tali asih terbesar yakni, Armandani Putra Nan Sidiq dari cabor renang lintasan yang berhasil menyabet 3 medali emas, 1 medali perak dan 2 medali perunggu dengan total tali asih sebesar Rp 54 juta," jelasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi SH MH mengatakan, pada tahun ini, Pemkot Yogyakarta menurut Sumadi mengalokasikan dana sebesar Rp 7,8 miliar untuk tali asih bagi atlet, pelatih, ofisial dan cabor berprestasi dibawa KONI dan NPC. Besaran tali asih tersebut menurutnya memang tidak seberapa jika dilihat dari jumlah nominalnya, namun dirinya berharap dana tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh semua atlet, pelatih, ofisial dan cabor untuk terus membina hingga mencapai prestasi maksimal.
"Memang baru hari ini kami serahkan, sekarang ini simbolisnya saja. Karena dananya sudah di transfer langsung ke rekening kemarin. Tali asih ini merupakan bentuk apresiasi, penghargaan dari Pemkot Yogyakarta kepada atlet yang telah berprestasi. Semoga bisa bermanfaat dan dimanfaatkan guna mengembangkan prestasi keolahragaan yang maksimal bagi Kota Yogyakarta," tegasnya.
Lebih lanjut Sumadi juga meminta agar tali asih ini bisa mengobarkan semangat juang atlet-atlet Kota Yogyakarta agar pada Porda DIY tahun 2025, kontingen Kota Yogyakarta bisa merebut gelar juara umum. "Kami meminta kepada seluruh atlet agar tetap terus berlatih, jaga kedisiplinan, dan jaga sportivitasnya, karena itu modal dasar untuk kita meraih hasil terbaik. Semoga pada Porda dan Peparda selanjutnya di Gunungkidul Kota Yogyakarta bisa meraih juara umum," tandasnya.(BMH)